Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengajak masyarakat untuk meningkatkan kebiasaan membaca buku.

Ajakan itu disampaikan Mendikbud saat membuka Indonesia International Book Fair (IIBF) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, (28/9/2016).

Menurut Muhadjir, upaya meningkatkan minat baca masyarkat tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga berbagai pihak. “Harus melibatkan banyak pihak dengan sungguh-sungguh karena akar rumput berada pada masyarakat dan komunitas pembaca kita,” kata Muhadjir.

Adapun peserta IIBF adalah penerbit lokal dari sejumlah daerah dan beberapa negara antara lain, Malaysia. Singapura, India, Arabi Saudi, Mesir, Turki, Korea Selatan, China, Jerman, Belanda.

Dia meminta masyarakat untuk mendukung acara ini demi meningkatkan minat masyarakat untuk membaca buku. “Walaupun banyak buku diterbitkan jika masyarakat tidak mau baca, itu percuma,” tandasnya.

Dia menilai rendahnya minat membaca buku akibat dari rendahnya minat menulis. “Tingkat pertumbuhan literasi kita rendah sekali,” tambah nya.

Menurut Muhadjir, menggerakkan masyarakat untuk membaca buku bukan hal mudah. “Ini perjuangan berat untuk kita. Kita harus perjuangkan minat baca buku masyarakat kita,” tuturnya.

Source : Sindonews