Perlombaan 17 Agustus merupakan agenda rutin yang dirayakan seluruh warga Indonesia. Hal ini, untuk mengingatkan sejarah kemerdekaan saat Bung Karno dengan lantangnya mengucap Indonesia Merdeka, juga menghargai jasa pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Indonesia, serta membangkitkan kembali semangat nasionalisme di dalam hati masyarakat Indonesia.

 
Bukan hanya itu saja, SMKN 11 Jakarta juga turut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dengan serangkaian upacara dan lomba-lomba yang diadakan pihak sekolah, guna menambah kemeriahan di hari kemerdekaan ini.
Siswa siswi SMKN 11 Jakarta terlihat sangat bersemangat dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menambah kemeriahan acara 17 Agustusan di SMKN 11 Jakarta. Mulai dari aksesoris yang bertema merah putih, baju, dan balon-balon, mereka persiapkan untuk acara 17 Agustusan ini.

 

“Makna 17 Agustus sangat besar sekali untuk bangsa ini, dan kita sebagai penerus bangsa juga harus meneruskan cita-cita yang sudah diharapkan pahlawan kita yang sudah berjuang untuk bangsa Indonesia. Jadi, kita sebagai generasi penerus, harus menyambut acara 17 Agustus dengan hal-hal yang positif” Tutur Bapak Agus Purwanta, kepala SMKN 11 Jakarta.

 

17Banyak lomba yang diadakan untuk memeriahkan acara kali ini, seperti lomba paduan suara, lomba puisi, lomba melantangkan UUD 1945, dan lomba menghias tumpeng. Setiap kelas juga diwajibkan untuk mempersembahkan lagu wajib dan lagu daerah yang disertakan dengan pembacaan UUD 1945 dan puisi kemerdekaan. Setelah itu, ada lomba hiburan seperti bermain bola dengan menggunakan daster yang mampu membuat gelak tawa warga SMK Negeri 11 Jakarta saat menyaksikannya.

 

Tidak hanya mengadakan lomba yang mengadu kekuatan, tetapi ada pula lomba yang membutuhkan konsentrasi. Lomba tersebut bernama “Memasukkan sumpit kedalam botol”. Para pemain diharuskan memasukkan sumpitnya ke dalam botol tanpa menggunakan tangan. Kelihatannya permainan ini sederhana dan mudah dilakukan, namun permainan ini cukup menguji kesabaran para pemainnya.

Selain itu, lomba kebersihan kelas pun turut diikutsertakan. Kelas yang memenuhi kriteria juri akan menjadi pemenangnya. Tujuan dari lomba kebersihan kelas ini adalah supaya setiap ruang kelas menjadi bersih, rapih, dan tertata.

“Untuk tahun ini bapak lihat lumayan seru, hanya, bapak lihat lombanya tidak jauh dari futsal, padus, dan segala macam. Memang bagus, tapi harus dikembangkan lagi, seperti lomba mirip pahlawan, seperti itu kan seru” Tutur Bapak Kepala SMK Negeri 11 lagi.

Dengan ini, SMK Negeri 11 Jakarta mengharapkan agar siswa siswi bisa turut andil dalam kemerdekaan Indonesia. Tidak harus berjuang di medan perang bahkan sampai berlumuran darah. Cukup memperjuangkan pendidikan, kesejahteraan masyarakat dan menegakkan keadlian di sekitar kita, dengan itu, merdeka, sudah bisa kita genggam.

Dirgahayu Indonesia ke-72, jayalah negeriku, majulah bangsaku. Indonesia kerja sama!