Raimua Nasional (Rainas) tahun ini diselenggarakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur pada 13-21 Agustus. Acara 5 tahunan ini dihadiri oleh pramuka penegak dan pandega dari Sabang-Marauke. Ada juga pramuka dari negara sahabat.

Irvan Suyitno, siswa SMKN 11 Jakarta kelas 12 adalah salah satu peserta Rainas. Berikut wawancara ekslusif dengannya:

  1. Bisakah kamu ceritakan bagaimana perjalananmu hingga menjadi peserta Rainas tahun ini?

Dari awal kaget pas disuruh pembina buat ikut seleksi di kwartir cabang Jakarta Barat dan itu H-1 seleksi. Sempat sedikit latihan sama teman-teman yang ikut seleksi. Pas seleksi pun masih banyak kekurangan seperti berkas-berkas persyaratan, tapi ya jalanin aja, tetap berjuang buat bisa ikut kegiatan Raimuna Nasional.

Sampai seleksi selesai dan menunggu hasilnya, alhamdulillah saya menjadi salah satu nama yang keluar untuk ikut Rainas. Setelah tahu hasil, diadakan pertemuan rutin di hari Sabtu untuk semua peserta mempersiapkan Rainas.

  1. Apa yang kamu dapat dari Rainas?

Yang saya dapat dari Rainas itu banyak banget, mulai dari dari pengalaman, dapat temen-teman baru dari seluruh Indonesia, pengetahuan tentang budaya yang ada di Indonesia, bisa tahu bagaimana watak setiap orang di Indonesia, banyak banget deh yang didapatin dari Rainas. Semoga aja apa yang saya dapat di Rainas bisa membuat saya menjadi Indonesia, menjadikan saya manusia pancasila, menjadikan saya seorang yang berguna bagi bangsa dan negara.

 

Karnaval di Rainas 2017

Karnaval di Rainas 2017

 

 

  1. Kenapa kamu yang dipilih untuk mengikuti Rainas?

Iya mungkin ini hak saya buat ikut Rainas, Allah sudah mentakdirkannya kepada saya untuk ikut Rainas dan mungkin juga itu semua hasil dari perjuangan saya dengan dukungan dari orang tua, guru-guru, sahabat saya dan teman-taman saya, tanpa mereka saya pun tidak tahu bisa ikut Rainas atau tidak.

  1. Ada berapa anggota pramuka dari kontingen DKI Jakarta?

Jumlah peserta dari DKI Jakarta itu 144 pramuka penegak dan pandega yang terdiri dari 72 putri dan 72  Putra.

  1. Hal yang tidak bisa kamu lupakan dari Rainas?

Hal yang tidak bisa dilupakan, dapat bertemu dengan teman-teman pramuka penegak dan pandega se-Indonesia, dan keseruan kegiatan Rainas itu sendiri, keseruan bersama teman-teman seluruh Indonesia dan keramah-tamahan dari semua peserta.

Malam pentas seni di Rainas 2017

Malam pentas seni di Rainas 2017

 

Raimuna berasal dari kata bahasa Ambai, dari Yapen Timur, Kabupaten Yapen Waropen, Papua. ‘Rai’ berarti sekelompok orang, ‘muna’ berarti daya kekuatan baik. Kegiatan ini bermaksud untuk pengembangan fisik, mental, intelektual, spiritual, dan sosial anak muda Indonesia. (AAB)

 

 

Tags: ,